3 Langkah Penting Memulai Bisnis bagi Pemula | MPHVenturescorp
Langkah Pentiing Memulai Bisnis
Langkah Pentiing Memulai Bisnis

3 Langkah Penting Memulai Bisnis bagi Pemula

Dalam hidup, kita sering dihadapkan pada banyak pilihan. Meski dihadapkan pada hal-hal sederhana, kita tetap harus memilih. Misalnya, saat membeli pakaian, Anda harus memilih warna dan model. Kewirausahaan pun juga sama, pasti akan menghadapi berbagai pilihan. Apalagi jika kita adalah pebisnis pemula.

 

Pilihan bisnis yang akan digarap sangat beragam sehingga kebanyakan orang sering bingung. Salah satu penyebab keragaman bisnis ini adalah tren bisnis yang terus berkembang. Tren bisnis saat ini belum tentu sama dengan dekade berikutnya.

Buktinya, bisnis yang tumbuh pesat 10 tahun lalu berbeda dengan bisnis yang sedang tren saat ini. Perubahan sosial dan ekonomi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan tren bisnis.

 

Langkah Pentiing Memulai Bisnis
Langkah Pentiing Memulai Bisnis

 

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus di perhatikan ketika memulai Bisnis :

 

1. Mulailah dengan hobi

Memulai Bisnis dari Hobi yang Anda punya bukanlah hal yang mustahil. Semua hobi berpotensi untuk dikembangkan menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Karena itu, bisnis yang dimulai dengan hobi lebih mungkin berhasil karena Anda melakukannya dengan senang hati dan semangat.

Walt Disney adalah contoh nyata bagaimana sebuah hobi berubah menjadi kesuksesan bisnis.Hobi Little Disney adalah menggambar. Sebagian besar waktunya dihabiskan untuk melukis. Dengan menggambar, ia mampu menciptakan karakter anime terkenal di seluruh dunia. Puluhan tahun kemudian, Disney membangun Disneyland. Setelah kematian Disney, istrinya mengatakan kemegahan Disneyland bukanlah kejutan baginya, karena Disney telah memikirkannya sebelumnya. Taman hiburan telah menjadi impian Disney sejak kecil. Perpaduan antara hobi dan kesabaran menjadikan Disneyland sebagai objek wisata nomor satu di Amerika Serikat. Tujuh minggu setelah pembukaannya, Disneyland dikunjungi oleh lebih dari satu juta pengunjung.

✅ RECOMMENDED:  Laris Manis : 10 Cara Jualan Online untuk Pemula

Orang lain yang juga memulai bisnis sebagai hobi adalah Soichiro Honda. Dia memulai bisnisnya sebagai hobi di industri otomotif. Little Honda sangat suka mengutak-atik mesinnya. Tertarik dengan dunia permesinan, suatu saat ia dengan berani membobol tabungan ayahnya tanpa izin untuk melihat parade pesawat di kotanya. Honda kecil senang bekerja di bengkel ayahnya dan akhirnya bisa membuka bengkel sendiri. Puluhan tahun kemudian, Honda berhasil mendirikan Honda Company, yang menyediakan produk-produk yang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Kita harus bisa membangun bisnis dari hobi dan kemampuan yang kita miliki. Dengan begitu, nantinya bisnis Anda akan bisa lebih berkembang. Tentu saja, menekuni hobi harus dibarengi dengan ketekunan, latihan terus menerus, dan semangat yang teguh.

✅ RECOMMENDED:  Lengkap! Cara Daftar Bansos PKH Ibu Hamil dan Balita lewat Aplikasi

 

2. Melihat kebutuhan pasar

Anda tidak hanya bisa memulai bisnis sebagai hobi, tetapi Anda juga bisa memulai bisnis dengan melihat kebutuhan yang banyak dicari orang. Jika Anda bisa memperhatikan kebutuhan masyarakat dan mengasah rasa peluang pasar yang ada. Kemungkinan besar Anda bisa mengubah apa yang dibutuhkan masyarakat menjadi sebuah peluang bisnis.  Ada banyak contoh bisnis yang dimulai dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

 

Contoh bisnis yang dimulai dengan melihat kebutuhan masyarakat adalah sebagai berikut :

1.  Perkembangan bisnis bimbingan belajar dimulai dengan banyaknya anak sekolah dan orang tua yang khawatir tidak bisa tamat sekolah dengan nilai memuaskan. Awalnya, lembaga bimbingan belajar muncul dalam skala kecil. Seiring berkembangnya kebutuhan, bisnis terus berkembang dengan berbagai merek dan metode. Hingga saat ini, bisnis ini masih bertahan dan terus berkembang, yang banyak merambah ke berbagai pelosok Indonesia.

2.  Di lain pihak, Usaha kue kardus susu box juga semakin berkembang karena permasalahan yang ada di masyarakat. Sebelumnya, sangat sulit untuk menyajikan tamu dengan hidangan kue. Yang harus Anda lakukan adalah hanya memasukkan makanan ringan ke dalam kotak kue. Kelihatannya praktis, mudah, murah, dan lebih santun. Sekarang sudah banyak kotak kue dengan berbagai bentuk dan pilihan warna. Kota kue ini biasa di sebut sebagai Hampers.

✅ RECOMMENDED:  Cara Jitu Untuk Meningkatkan Strategi Penjualan

 

Baca Juga :

 

3. Inovasi dan kreativitas

Inovasi dan kreativitas adalah hal yang sangat penting dalam menciptakan sebuah bisnis. Hal ini penting dilakukan jika bisnis yang kita coba jalani sudah pernah dilakukan oleh orang lain sebelumnya. Kreativitas dan inovasi menjadi kunci untuk memenangkan persaingan.

Kesetabilan dan perkembangan bisnis juga bergantung terhadap kretivitias yang kita miliki. Bahkan ada bisnis yang menjadi sangat besar karena kretivitas. Contoh Bisnis yang membesar karena keunikan kretivitasnya adalah Nasi Tumpeng Mini. Sebenarnya bisnis nasi tumpeng sudah lama ada. Tetapi Nasi Tumpeng Mini ini menyajikan Nasi Tumpeng dengan nuasa yang berbeda dan membuatnya laris manis dan kebanjiran pesanan setiap hari.