3 Langkah Wajib Dijalankan Trader Saat Menghadapi Saham Sedang Downtrend | MPHVenturescorp
Saham Sedang Downtrend
Saham Sedang Downtrend

3 Langkah Wajib Dijalankan Trader Saat Menghadapi Saham Sedang Downtrend

MPHVenturescorp.com – Saat Saham Sedang Downtren ada beberapa langkah yang harus di lakukan Trader untuk meminimalisir kerugian di masa depan. Salah satu aspek yang harus dipertimbangkan oleh pedagang saham dan reksadana  adalah kondisi pasar. Kondisi pasar menjadi pertimbangan khusus karena kondisi ini merupakan salah satu penentu harga saham.

Trader dan Investor perlu menyesuaikan strategi mereka dengan kondisi pasar yang selalu bergerak, terutama karena pasar sangat dinamis. Oleh karena itu, strategi akan berbeda terhadap masing-masing kasus yang terjadi di mana kodisi pasar sedang bullish, bearish atau sideways.

 

Nah, pada saat market sedang mengalami Downtren atau Bearish, maka trader harus melihat dengan seksama. Seperti diketahui, downtrend adalah kondisi di mana saham cenderung turun secara terus menerus. Tren turun ini ditandai dengan serangkaian grafik saham puncak dan trestal yang terus turun.

✅ RECOMMENDED:  Ingin Memiliki Bisnis Online Sendiri? Coba 10 Bisnis Tanpa Modal Ini!

 

Baca juga : Cara Trading Dan Investasi Saham dalam Jangka Pendek

 

Nah, agar jangan sampai kalian para investor menjadi panik, berikut adalah tiga tips yang harus Anda lakukan ketika saham yang mereka miliki berada dalam Downtren sehingga Anda masih dapat Trading dengan strategi yang tepat.

 

Fundamental langsung dan analisis teknis

Senjata paling dasar ketika dihadapkan dengan kondisi saham sedang downtren adalah melakukan analisis fundamental dan teknis secara langsung. Seperti diketahui, di satu sisi ketika harga saham sedang turun, ini adalah kesempatan besar untuk mengumpulkannya atau mengambil tindakan beli. Namun, keputusan pengumpulan ini tidak berlaku untuk semua saham yang jatuh.

✅ RECOMMENDED:  Trading Forex Untuk Pemula Dengan Modal Minim

Oleh karena itu, analisis fundamental dan teknis penting untuk melihat saham mana yang jatuh tetapi layak untuk di beli. Di masa depan, sangat penting untuk melihat potensi arah balik dari saham ini. Sementara analisis fundamental terkait erat dengan aset keuangan emiten, analisis teknis berkaitan dengan dukungan dan resistensi saham untuk memungkinkan investor membeli saham dengan benar.

  

Potong Kerugian (Cutloss)

Ketika harga saham sedang downtrend (bearish), penting bagi investor dan trader untuk menjaga disiplin untuk membuat keputusan cut loss setiap saat. Jika tidak disiplin, kerugian yang terjadi akan semakin besar. Jadi meski menyakitkan, cut loss atau stop loss wajib untuk dilakukan, terutama ketika saham benar-benar tren turun.

 

✅ RECOMMENDED:  Lini Bisnis ini Bisa Transisi Menjadi Bisnis Online

Baca juga :  Aplikasi Nonton Video Untuk Hasilkan Uang

 

Lakukan Average Down

Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk membuat cut loss karena Anda tahu bahwa ada kemungkinan untuk membalikkan arah itu setelah melakukan analisis fundamental dan teknis, Anda memiliki pilihan untuk melakukan average down. Average Down adalah pembelian secara bertahap jika nilai saham yang Anda miliki sedang jatuh. Jika keputusan ini sudah dibuat, maka trader dan investro hanya perlu menunggu saat harga pasar naik lagi. Jadi dibutuhkan semacam kesabaran jika Anda mengalami hal ini.

 

Itulah beberapa tips yang bisa di lakukan oleh para trader pada saat Saham Sedang Downtren agar tidak mengalami kerugian. Semoga bermanfaat dan salam investasi.

 

. Saham Sedang Downtren