BAHAYA ! Gangguan Kesehatan akibat Kurang Minum Air Putih | MPHVenturescorp
kebutuhan harian minum air
kebutuhan harian minum air

BAHAYA ! Gangguan Kesehatan akibat Kurang Minum Air Putih

kebutuhan harian minum air

 

Tubuh manusia mengandung air sekitar 60 – 70 persen dari berat tubuhnya. Hal ini membuktikan bahwa setiap manusia membutuhkan air yang cukup dalam tubuh untuk bisa tetap bertahan hidup. Ketika kita kekurangan asupan air, maka tubuh kita akan mengalami dehidrasi dan kemudian beberapa fungsi tubuh menurun kinerjanya.

Kebutuhan konsumsi air putih yang disarankan untuk orang dewasa adalah sekitar delapan gelas perhari atau total kurang lebih 2 liter air putih.

Lalu, mengapa kita harus cukup minum air putih? Ada beberapa alasan penting mengapa kita harus cukup minum air putih setiap harinya. Yuk simak ulasannya :

 

1. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Cairan di dalam tubuh manusia memiliki berbagai fungsi kerja. Yaitu mulai dari pencernaan makanan, penyerapan, sirkulasi darah, pembentukan air liur dan lendir, sirkulasi nutrisi dalam tubuh, sampai penyeimbangan suhu tubuh. Itulah mengapa minum air yang cukup sangat diperlukan untuk tubuh dapat melakukan berbagai macam fungsi tubuh.

Jika tubuh kekurangan asupan cairan maka semua bagian organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan sempurna.

 

2. Mempengaruhi fungsi otak
Pada saat tubuh kekurangan asupan cairan, maka kita akan mengalami Dehidrasi. Padahal fungsi dan kinerja otak itu sangat dipengaruhi oleh status hidrasi kita. Bahkan dehidrasi ringan sekalipun mampu merusak banyak kerja syaraf dan fungsi otak. Pada sebuah penelitian, peneliti menemukan bahwa kehilangan cairan air tubuh sebanyak 1,4 persen setelah berolahraga dapat mengganggu suasana hati dan konsentrasi.

✅ RECOMMENDED:  9 Pola Makan untuk Pasien Omicron Agar Cepat Pulih

Disadur dari Medical News Today, orang yang mengalami dehidrasi berkepanjangan juga dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran.

 

3. Mencegah dan mengobati sakit kepala

Dehirasi diketahui bisa menyebabkan sakit kepala dan migrain pada beberapa orang. Menurut beberapa hasil penelitian, sakit kepala adalah salah satu gejala dehidrasi yang paling umum. Penelitian lain bahkan menunjukkan bahwa jika tubuh mendapat asupan air yang cukup maka dapat membantu meringankan sakit kepala.

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 100 orang pria, menunjukan bahwa minum 1,5 liter air lebih banyak dapat meningkatkan kualitas hidup bagi para penderita migrain.

 

4. Dapat mambuat kulit lebih sehat

Kulit adalah bagian tubuh yang mengandung banyak air. Itulah alsan mengapa minum air yang cukup sangat penting bagi kulit kita. Dehidrasi bisa membuat kulit lebih rentan terhadap gangguan kulit dan bisa mengalami penuaan dini.

“Dehidrasi membuat kulit Anda terlihat lebih kering, kusam dan kusut. Tetapi saat Anda cukup terhidrasi (asupan air) maka ginjal akan mengambil alih dan mengeluarkan kelebihan cairan Anda (dari dalam tubuh)” kata dokter spesialis kulit Atlanta, Kenneth Ellner.

✅ RECOMMENDED:  Info bagi Pelaku Perjalanan Internasional! Aplikasi PeduliLindungi Syarat Masuk ke Indonesia

 

5. Menjaga fungsi usus dan mencegah sembelit

Asupan air yang cukup  bisa menjaga fungsi saluran pencernaan Anda tetap normal dan mencegah sembelit. Tetapi saat  Anda tidak mengkonsumsi cukup air, maka usus besar akan menarik air dari feses (kotoran). Dan Anda akan langsung mengalami sembelit.

Konsumsi Air yang cukup sering direkomendasikan sebagai cara untuk mengatasi konstipasi (tidak teratur buang air besar).

 

6. Bisa mencegah batu ginjal

Fungsi cairan dalam tubuh kita  adalah dapat membantu untuk mengangkut limbah kotoran dan mengeluarkannya dari tubuh kita. Saat tubuh telah mendapatkan asupan cairan yang cukup, maka urine (air kencing)  akan keluar dengan mudah, berwarna terang, dan bebas bau.

Tapi jika tubuh anda tidak mendapatkan cukup asupan air, maka konsentrasi urine (air kencing) akan menjadi berwarna gelap dan berbau.

Saat kebiasaan Anda akan kekurangan cairan terus berlangsung, maka Anda lebih berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit batu ginjal.

7. Dapat memaksimalkan kinerja fisik tubuh

Saat Anda tidak tercukupi asupan air, maka kinerja fisik anda akan menurun. Sedangkan pada sel-sel yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolitnya, maka  akan terjadi kelelahan otot tubuh.

✅ RECOMMENDED:  Gejala Omicron pada orang dewasa seperti flu biasa?

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa jumlah asupan air yang cukup sangat penting terutama saat anda sedang berolahraga.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa dengan minum lebih banyak air dapat meningkatkan kinerja tubuh selama aktivitas berat.

 

8. Bisa membantu menurunkan berat badan

Air juga dipercaya dapat membantu untuk program menurunkan berat badan. Karena air dapat meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan laju metabolism tubuh.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa dengan meningkatnya asupan air dalam tubuh, maka akan dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme sehingga jumlah kalori yang dibakar juga naik.

Pada penelitian yang dilakukan terhadap 50 orang perempuan yang kelebihan berat badan pada 2013,  menunjukkan bahwa jika mereka meminum minuman tambahan sebanyak 500 ml selama 3 kali sehari sebelum makan. Dan dilakukan terus menerus dalam kurun waktu 8 minggu, maka bisa membantu proses penurunan berat badan yang signifikan.

 

Jadi, berdasarkan pemaparan di atas. Sebaiknya kita tetap memenuhi asupan cairan tubuh yang cukup. Minimal sebanyak 2 liter air untuk orang dewasa. (*)

Tinggalkan Balasan