Cara Jualan ke Luar Negeri

 

Cara Jualan ke Luar Negeri dengan RakutenMPHVENTURECORP.COM

 

Terdapat beberapa situs web yang populer untuk jual beli ke luar negeri, baik untuk membeli produk dari luar negeri atau menjual produk Anda ke pasar internasional. Berikut adalah beberapa situs web terkemuka untuk jual beli ke luar negeri:

 

  • Amazon: Amazon adalah salah satu situs web terbesar dan paling terkenal di dunia untuk berbelanja secara online. Mereka memiliki beragam produk dari berbagai negara yang dapat dibeli dan dikirim ke seluruh dunia.

 

 

 

  • eBay: eBay adalah platform lelang online yang memungkinkan pembeli dan penjual dari berbagai negara berinteraksi. Anda dapat menemukan barang-barang langka dan unik di sini.

 

 

 

 

 

  • Alibaba: Alibaba adalah platform perdagangan elektronik yang terkenal untuk bisnis-bisnis (B2B) dan konsumen (B2C). Mereka menyediakan akses ke produk dari berbagai produsen dan pemasok di seluruh dunia.

 

 

 

 

  • AliExpress: AliExpress adalah bagian dari Alibaba Group yang lebih fokus pada konsumen. Mereka menawarkan berbagai produk dengan harga yang terjangkau dan pengiriman internasional.

 

 

 

 

  • Etsy: Etsy adalah platform kreatif yang berfokus pada barang-barang buatan tangan, seni, dan barang-barang unik. Banyak penjual di Etsy menerima pesanan internasional.

 

 

 

 

  • Newegg: Newegg adalah toko online terkenal yang mengkhususkan diri dalam produk elektronik, komputer, dan perlengkapan teknologi. Mereka menyediakan pengiriman internasional untuk pelanggan di luar Amerika Serikat.

 

 

 

 

  • Taobao: Taobao adalah platform e-commerce yang sangat populer di Tiongkok dan merupakan sumber utama barang-barang murah. Namun, perlu diingat bahwa sebagian besar penjual di Taobao berbicara dalam bahasa Mandarin.

 

 

 

 

 

  • Walmart: Walmart adalah rantai toko besar yang juga memiliki platform belanja online. Mereka menawarkan berbagai produk dan sering memiliki pilihan pengiriman internasional.

 

 

 

 

  • Rakuten: Rakuten adalah platform belanja online asal Jepang yang telah berkembang menjadi pasar global. Mereka menawarkan berbagai produk dari berbagai negara.

 

 

 

 

 

  • Banggood: Banggood adalah situs web yang menawarkan berbagai produk elektronik, pakaian, mainan, dan lainnya dengan pengiriman internasional.

 

 

 

 

Sebelum berbelanja di situs web internasional, pastikan untuk memeriksa persyaratan pengiriman internasional, biaya pengiriman, dan kebijakan pengembalian. Selain itu, perhatikan mata uang dan metode pembayaran yang diterima di situs tersebut agar proses belanja internasional berjalan lancar.

 

 

 

 

Rakuten adalah sebuah perusahaan e-commerce dan teknologi asal Jepang yang memiliki kehadiran global. Nama perusahaan ini dalam bahasa Jepang berarti “optimisme” atau “harapan.” Rakuten didirikan pada tahun 1997 oleh Hiroshi Mikitani dan telah berkembang menjadi salah satu pemimpin di industri e-commerce dunia.

 

✅ RECOMMENDED:  Asuransi Sepeda Motor, Manfaat dan Penjelasannya (MPH)

 

 

 

Rakuten menawarkan berbagai layanan dan platform yang mencakup sejumlah bisnis dan kebutuhan konsumen.

 

Beberapa aspek penting dari Rakuten meliputi:

 

 

 

  • E-Commerce: Rakuten mengoperasikan sebuah platform e-commerce yang menyediakan berbagai macam produk dan layanan, termasuk barang-barang konsumen, pakaian, elektronik, makanan, dan banyak lagi. Mereka memiliki toko-toko online yang menjual produk dari berbagai merek dan penjual.

 

 

 

  • Rakuten Ichiba: Ini adalah salah satu platform e-commerce terbesar di Jepang yang dimiliki oleh Rakuten. Rakuten Ichiba menghubungkan penjual dengan pembeli, dan memiliki banyak fitur yang memungkinkan penjual untuk mempersonalisasi toko online mereka.

 

 

 

  • Layanan Finansial: Rakuten juga menawarkan layanan finansial seperti kartu kredit, layanan perbankan online, asuransi, dan investasi. Mereka memiliki Rakuten Bank yang berfungsi sebagai bank online dan menawarkan berbagai produk keuangan kepada pelanggan mereka.

 

 

 

 

  • Media dan Hiburan: Rakuten memiliki bisnis media yang mencakup platform streaming video, e-book, dan layanan berita. Mereka juga memiliki tim olahraga profesional di Jepang, yakni Vissel Kobe dan Tohoku Rakuten Golden Eagles.

 

 

 

  • Rakuten Rewards: Ini adalah program loyalitas yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan poin saat berbelanja di platform Rakuten. Poin ini dapat digunakan untuk mendapatkan diskon atau hadiah lainnya dalam jaringan bisnis Rakuten.

 

 

 

  • Global Ekspansi: Rakuten telah berkembang secara internasional melalui akuisisi perusahaan seperti Ebates di Amerika Serikat dan Kobo, sebuah penyedia perangkat lunak e-book. Hal ini memungkinkan mereka untuk memperluas cakupan layanan dan penetrasi pasar di luar Jepang.

 

 

Rakuten dikenal karena pendekatannya yang kuat terhadap inovasi dan teknologi. Perusahaan ini sering berinvestasi dalam perusahaan startup dan proyek penelitian dan pengembangan untuk terus meningkatkan produk dan layanannya. Kesuksesan Rakuten telah membuatnya menjadi salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di dunia dan membantu mendefinisikan peran Jepang dalam industri teknologi global.

 

 

 

Berjualan ke luar negeri dengan Rakuten melibatkan beberapa langkah penting. Rakuten adalah salah satu platform e-commerce terkemuka di Jepang dan memiliki sejumlah situs web e-commerce yang beroperasi di seluruh dunia.

✅ RECOMMENDED:  4 Resep Dimsum Ayam untuk Dijual, Mudah dan Praktis

 

 

Di bawah ini adalah panduan umum tentang Cara Jualan ke Luar Negeri dengan Rakuten:

 

 

  • Mendaftar sebagai Penjual Rakuten:

 

Cara Jualan ke Luar Negeri Pertama adalah Anda perlu mendaftar sebagai penjual di platform Rakuten yang relevan dengan pasar luar negeri yang Anda tuju. Rakuten memiliki situs web yang berbeda untuk berbagai negara, seperti Rakuten Japan, Rakuten Global Market, Rakuten France, dan lain sebagainya. Pilih yang sesuai dengan tujuan Anda.

 

 

 

  • Pahami Persyaratan Lokal:

 

Setiap pasar memiliki aturan, peraturan, dan persyaratan yang berbeda. Pelajari persyaratan untuk penjual asing di negara yang Anda pilih. Ini termasuk persyaratan pajak, pengiriman internasional, dan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

 

 

  • Persiapkan Produk Anda:

 

Cara Jualan ke Luar Negeri ketiga, Pastikan produk Anda siap untuk dipasarkan di luar negeri. Ini termasuk mengikuti regulasi impor, label produk dengan bahasa yang sesuai, dan mengoptimalkan kualitas dan harga produk Anda untuk pasar yang dituju.

 

 

 

  • Konfigurasi Toko Anda:

 

Buat toko online Anda di platform Rakuten yang Anda pilih. Ini biasanya melibatkan mengunggah foto produk, menulis deskripsi produk yang informatif, dan menentukan harga.

 

 

 

 

  • Pengaturan Pengiriman Internasional:

 

Cara Jualan ke Luar Negeri Selanjutnya adalah Pastikan Anda memiliki layanan pengiriman yang dapat mengirimkan produk Anda ke luar negeri. Anda perlu menentukan biaya pengiriman internasional dan metode pengiriman yang tersedia.

 

 

  • Pengaturan Pembayaran:

 

Konfigurasikan sistem pembayaran yang dapat menerima mata uang asing dan memungkinkan pelanggan luar negeri untuk melakukan pembayaran dengan mudah. Ini mungkin melibatkan pemrosesan pembayaran internasional.

 

 

 

 

  • Promosikan Toko Anda:

 

Lakukan upaya pemasaran untuk meningkatkan visibilitas toko Anda di luar negeri. Ini termasuk penggunaan media sosial, kampanye iklan, dan optimasi SEO untuk mencapai audiens yang lebih luas.

 

 

 

 

  • Layani Pelanggan dengan Baik:

 

Berikan layanan pelanggan yang unggul, termasuk dukungan bahasa yang sesuai dengan pelanggan Anda. Tanggapi pertanyaan dan masalah dengan cepat.

 

 

 

  • Pantau Kinerja dan Keuangan:

 

Gunakan fitur pelaporan dan analitik Rakuten untuk memantau kinerja toko Anda. Pastikan Anda memahami bagaimana toko Anda berkinerja di pasar luar negeri.

 

 

  • Pertimbangkan Kebijakan Pengembalian dan Garansi:
✅ RECOMMENDED:  Cara Daftar Paylater Baru 2023 Anti Gagal

 

Pertimbangkan kebijakan pengembalian dan garansi produk Anda, serta bagaimana Anda akan mengatasi masalah pengembalian produk dari luar negeri.

 

 

 

Jadi, proses berjualan ke luar negeri dengan Rakuten melibatkan persiapan yang matang, pemahaman tentang pasar yang dituju, dan komitmen untuk memberikan layanan yang berkualitas kepada pelanggan Anda di luar negeri.

 

 

Daftar akun berjualan di Rakuten adalah proses yang relatif mudah, dan berikut adalah langkah-langkahnya:

 

Buka Situs Web Rakuten: Buka peramban web Anda dan pergi ke situs web Rakuten di https://www.rakuten.com/ atau kunjungi situs Rakuten yang sesuai dengan negara atau wilayah Anda.

 

Pilih “Sell on Rakuten”: Di halaman utama Rakuten, cari dan klik opsi “Sell on Rakuten” atau “Become a Seller” (Menjadi Penjual). Ini akan membawa Anda ke halaman yang berisi informasi tentang menjadi penjual di Rakuten.

 

Pilih Negara atau Wilayah Anda: Rakuten mungkin memiliki platform berbeda untuk negara atau wilayah tertentu. Pilih negara atau wilayah Anda jika diminta.

 

Daftarkan Akun: Klik tombol atau tautan yang mengarahkan Anda ke proses pendaftaran. Anda akan diminta untuk memasukkan informasi pribadi dan bisnis Anda, seperti nama, alamat email, nomor telepon, dan informasi perusahaan jika berlaku.

 

Verifikasi Identitas: Rakuten mungkin memerlukan Anda untuk memverifikasi identitas Anda sebagai langkah keamanan tambahan. Ini dapat melibatkan pengiriman dokumen bisnis seperti surat izin usaha atau dokumen pribadi seperti ID atau paspor.

 

Selesaikan Profil Penjual: Isi profil penjual Anda dengan detail bisnis Anda, termasuk informasi tentang produk atau layanan yang Anda jual, metode pengiriman, kebijakan pengembalian, dan lain-lain.

 

Pilih Rencana Berjualan: Rakuten mungkin menawarkan berbagai rencana berjualan dengan biaya yang berbeda. Pilih rencana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Beberapa rencana mungkin memerlukan biaya langganan bulanan atau biaya transaksi.

 

Upload Produk: Setelah akun Anda disetujui, Anda dapat mulai mengunggah produk atau layanan yang ingin Anda jual di platform Rakuten. Pastikan untuk mengikuti panduan upload produk yang disediakan oleh Rakuten.

 

Konfigurasi Pembayaran: Rakuten akan meminta Anda untuk mengonfigurasi informasi pembayaran sehingga Anda dapat menerima pembayaran dari pelanggan. Ini mungkin melibatkan menambahkan informasi rekening bank atau menggunakan opsi pembayaran yang disediakan oleh Rakuten.

 

Mulai Berjualan: Setelah semuanya dikonfigurasi dan produk Anda tersedia, Anda siap untuk mulai berjualan di Rakuten. Pastikan untuk memantau akun Anda secara teratur, mengelola pesanan, dan memberikan layanan pelanggan yang memuaskan.

 

Selalu periksa pedoman dan persyaratan Rakuten serta kebijakan penjual sebelum mendaftar dan memulai bisnis di platform mereka. Dengan mengikuti Cara Jualan ke Luar Negeri diatas, Anda dapat memulai perjalanan berjualan di Rakuten dengan lancar.