Cara Scan Dokumen Menggunakan HP Android | MPHVenturescorp
Scan Dokumen PDF Menggunakan HP Android
Scan Dokumen PDF Menggunakan HP Android

Cara Scan Dokumen Menggunakan HP Android

Hallo sahabat MPH, kali ini saya akan berbagi mengenai panduan dan langkah-langkah bagaimana men-scan documen, surat atau beragam arsip penting lainnya kepunyaaan Anda. Dimana Scan dilakukan dengan cepat dan mudah hanya dengan menggunakan HP Android saja.

Biasanya saat kita ingin melamar kerja melalui e-mail (online), tentunya kita memerlukan beberapa dokumen dalam bentuk scan pdf. Seperti scan KTP, ijazah dan traskip nilai, SKCK, dan beragam arsip lainnya. Tetapi akan menjadi sulit bila kita tidak mempunyai alat untuk scanning arsip lamaran kerja. Jalan lain adalah kita harus pergi ke tempat jasa penyedia scan dokumen seperri warnet, tempat fotocopy, dan lain-lain.

 

Hal tersebut tentu saja memerlukan waktu dan tenaga. Selain itu Anda juga harus membayar sejumlah ongkos untuk scanning document-nya.

Kebanyakan orang biasanya tidak mempunyai alat scan dokumen di rumah. Tetapi memang kadang kala kita sangat membutuhan alat scanner ini untuk men-scan beberapa dokumen penting secara tiba-tiba. Tetapi harga alat scanner terbilang cukup mahal. Dan jika hanya di pakai satu dua kali saja maka akan sayang sekali.

 

Cara Scan Dokumen PDF Menggunakan HP Android
Cara Scan Dokumen PDF Menggunakan HP Android

 

Scan Dokumen Melalui HP Android, Bisa?

Jaman  sekarang, sudah umum sekali jika setiap orang memiliki HP Android dengan camera yang cukup bagus. Nah, Anda bisa memanfaatkan HP Android Anda untuk menjadi alat scan dokumen di saat darurat. Jadi Anda tidak perlu membeli alat scanner dokumen yang mahal, dan hanya cukup dengan menggunakan HP Android saja.

✅ RECOMMENDED:  Tarik hingga $10 per hari dari aplikasi penghasil Paypal resmi PlayStore dengan misi sederhana

Caranya pun cukup mudah. Anda cukup mengunduh dan memasang sebuah program Android yang bernama  “CamScanner”. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memanfaatkan HP Android Anda menjadi sebuah alat scan dokumen loh.

 

 

Aplikasi Scan Dokumen Menjadi Incaran Para Guru, Murid dan Pekerja Selama Pandemi

Aplikasi scan dokumen atau yang lebih dikenal sebagai CamScanner tercatat telah di unduh oleh lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia. Animo masyarakat dunia untuk scan dokumen dengan cara mudah, membawa aplikasi yang lahir pada tahun 2011.

Pengguna aplikasi ini terus bertambah dari hari ke hari. Ada sekitar 500.000 pengunduh perhari dari 200 negara, termasuk di Indonesia.

 

Bahkan situs http://www.appannie.com/ mencatatkan bahwa Aplikasi CamScanner adalah sebagai aplikasi kedua terbanyak diunduh di Indonesia untuk Android belum lama ini.

Tingginya minat para pengguna CamScanner ini, memiliki korelasi yang kuat dengan aktivitas masyarakat yang semakin bergaya hidup digital. Terutama sejak pandemic dimana banyak orang terpaksa harus mengurangi interaksi fisik secara langsung demi Protokol Kesehatan untuk menekan Pandemi Covid -19. Beberapa hal yang menjadi umum di dunia saat pandemi ini adalah program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Work From Home (WFH), termasuk di Indonesia.

 

Baca juga : Cara Mudah Mengganti Password Gmail

 

✅ RECOMMENDED:  Dapatkan THR 100Rb Dari Aplikasi Penghasil Uang Terbaru April 2022

Aplikasi CamScanner

Aplikasi CamScanner

Aplikasi CamScannerAplikasi CamScanner adalah merupakan aplikasi yang bisa di gunakan pada HP Android untuk melakukan pemindaian atau scan dokumen.

Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu :

  1. Aplikasi ini sangat mudah di gunakan
  2. Hasil scan maksimal dan tajam seperti photo
  3. Hasil scan bisa langsung di share ke berbagai media, seperti : email, canvas, whatsapp, dll
  4. Ada fitur untuk menambahkan watermark pada dokumen Anda
  5. Mensetting kode perlindungan untuk dokumen Anda
  6. Hasil scan langsung bisa di simpan dalam bentuk PDF

 

Feature terbaik dari Aplikasi CamScanner ini adalah memaksimalkan kualitas scan dokumen secara cerdas dan tajam seperti photo. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membuat tampilan text dan grafis kelihatan lebih jernih dan tajam. Karena itu dengan feature ini, Anda tak perlu khawatir akan ada hasil  distorsi lensa pada scan dokumen Anda.

Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat feature untuk menambahkan watermark pada scan dokumen Anda. Aplikasi ini juga memiliki feature untuk men-share dokumen yang sudah di scan, dan memberikan kode perlindungan sandi pada dokumen tersebut, sehingga dokumen tersebut hanya dapat di buka oleh orang yang akan menerima dokumen.

Yang paling saya sukai dari program CamScanner ialah ada feature untuk menyimpan file hasil scan dalam bentuk PDF. Hal ini menjadi nilai tambah karena kita tidak perlu melakukannya dengan memakai computer.

✅ RECOMMENDED:  Rawat Motor Anda Sebelum Kembali Ke Kampung Halaman! Instal Aplikasi Yamaha Dan Dapatkan Diskon 20%

 

 

Cara Menggunakan Aplikasi CamScanner

Berikut kami rangkum langkah-langkah untuk memakai Aplikasi CamScanner ini menggunakan HP Android.

  1. Unduh dan install Aplikasi CamScanner dari Google Play Store.
  2. Tab pada icon “Camera”. Lalu gunakan camera Anda untuk mengambil photo dari document yang ingin Anda scan.
  3. Tab pada ikon “contreng” untuk mengolah poto Anda.
  4. Kemudian Anda bisa mengatur opsi crop ke pinggir document. Selain itu Anda juga bisa mengatur kontras (kecerahan) dari document yang akan di scan.
  5. Tentukan document yang akan di scan lalu tab pada icon “sharing” untuk share sebagai file PDF atau JPG.
  6. Atau, Anda juga bisa tab pada tanda doc scan untuk munculkan pilihan dan tentukan tempat untuk anda simpa file Anda ke galeri handphone Anda.
  7. Dan selesai sudah Scna Dokumen Anda.

 

Unduh Aplikasi Resmi CamScanner di sini

 

Dengan menggunakan Aplikasi CamScanner dan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya. Selain itu Anda juga tidak perlu repot untuk mencari jasa penyedia scanner. Karena hanya dengan HP Android yang Anda miliki, masalah keperluan Scand Dokumen sudah teratasi dengan baik.

Anda bisa scan dokumen kapanpun dan dimanapun hanya dengan memanfaatkan HP Android Anda melalui Aplikasi CamScanner. Selamat Mencoba. (***)

 

Baca Juga : 5 Pekerjaan Yang Paling di Cari di Dunia Metaverse

Tinggalkan Balasan