Laris Manis : 10 Cara Jualan Online untuk Pemula | MPHVenturescorp
Panduan Jualan Online Untuk Pemula
Panduan Jualan Online Untuk Pemula

Laris Manis : 10 Cara Jualan Online untuk Pemula

Bisnis dan penjualan online kini sedang digandrungi masyarakat. Banyak orang ingin memulai bisnis online untuk mencari tambahan penghasilan atau untuk kestabilan  keuangan di masa depan.

Ini karena prospek yang bagus dengan menarik calon pembeli dari mana saja melalui online. Untuk melakukan ini, Anda perlu belajar terlebih dahulu tentang bagaimana memulai bisnis dan menjual online untuk pemula.

 

Ingatlah bahwa semakin kompetitif persaingan maka seorang Pebisnis Pemula juga dituntut untuk semakin kreatif saat berjualan online. Jadi, bukan tidak mungkin meskipun Anda adalah seorang pemula tetapi tetap bisa meraih omset penjualan sesuai dengan Target.

Sebelum terjun ke dunia bisnis online sebagai pemula, ada baiknya mempelajari tips-tips dibawah ini terlebih dahulu agar bisa menyesuaikan pasar dan targetnya.

 

Baca juga : Tips Memulai Bisnis Dari Nol

 

1.  Persiapan Mental

Hal pertama yang harus dipersiapkan seorang pebisnis pemula adalah mental yang kuat. Mengingat bahwa ada begitu banyak persaingan yang ada sehingga ada kemungkinan usaha Anda harus gulung tikar ketika kalah.Jika sebelumnya Anda belum pernah berjualan online, ini tentu menjadi tantangan tersendiri yang harus Anda hadapi.

Add content here
Add content here
Di masa-masa awal bisnis, konsumen mungkin tidak mengetahui produk Anda. Hal ini tidak wajar saja bagi siapa pun yang memulai bisnis online atau offline. Untuk itu, setiap pebisnis harus memiliki semangat yang kuat agar tidak patah semangat agar bisa maju dan berhasil di masa depan.

✅ RECOMMENDED:  Trading Forex Untuk Pemula Dengan Modal Minim

2. Memilih Produk yang akan di jual

Menentukan produk yang ingin Anda jual bisa dimulai dari apa yang Anda sukai atau kuasai. Atau dengan melihat kebutuhan masyarakat saat ini.Banyak orang memulai berjualan online dengan mengacu pada hal yang viral.

Tetapi jika Anda sulit menentukan, lihat dan perhatikan produk yang sudah dijual orang lain dan lakukan perubahan serta inovasi agar produk Anda memiliki keunggulan dan keunikannya masing-masing.

 

3. Buat rencana bisnis yang baik

Selanjutnya Anda bisa menyusun rencana bisnis yang akan dijalankan. Ini termasuk menentukan nama toko, apa yang ingin Anda jual, dan harga yang ingin Anda terapkan dan system pemasaran yang akan Anda jalankan. Nama toko mungkin terlihat sepele, namun itulah yang menentukan identitas jualan Anda di kemudian hari.

 

4. Menemukan Supplier terbaik, semakin murah semakin bagus

Setelah Anda tahu apa yang ingin jual, langkah selanjutnya adalah menemukan supplier besar dari produk yang ingin Anda jual. Pemasok besar biasanya akan menawarkan harga lebih murah dengan jumlah pengambilan tertentu.

✅ RECOMMENDED:  8 Usaha Sampingan Online untuk Karyawan

Sebaiknya pula Anda menemukan beberapa supplier, agar lebih memudahkan Anda dalam membandingkan harga dan stok produk kedepannya.

 

Baca juga : 8 Usaha Sampingan Online untuk Karyawan

 

5. Tentukan harga jual produk

Menghitung harga jual produk tentu saja sangat penting bagi kelangsungan bisnis Anda. Anda dapat menghitung terlebih dahulu total harga produk, biaya pengiriman, pajak, biaya operasional dan menambahkan sejumlah keuntungan yang ingin Anda dapatkan darinya. Hasil dari kombinasi hal diatas itulah yang bisa dijadikan acuan sebagai harga jual.

 

6. Tempat Berjualan

Saat ini sudah banyak tersedia platform untuk menjual produk seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp yang juga bisa digunakan untuk berjualan. Bahkan Anda juga bisa menggunakan marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan banyak lainnya untuk berjualan. Atau, jika Anda ingin membuat situs web sendiri, ada banyak layanan yang bisa Anda pilih untuk membuat website bisnis Anda.

✅ RECOMMENDED:  Bagaimana Memulai Berinvestasi dalam Saham: Panduan Pemula

 

7. Promosikan produk Anda sesering mungkin

Meskipun bisnis Anda tergolong baru, tetapi jangan ragu untuk terus melakukan promosi dan promosi di media sosial agar produk Anda menjadi lebih dikenal.Sering-seringlah membuat konten yang memperkenalkan produk Anda.

Bahkan jika Anda tidak punya waktu untuk mempromosikan produk, maka Anda dapat menggunakan jasa orang lain untuk mempromosikan produk Anda.

 

8. Kelola arus kas keuangan

Dalam bisnis online, arus kaskeuangan adalah nadi utama keberlangsungan bisnis kedepannya, Dana penjualan harus dikelola dengan tepat supaya Bisnis Anda bisa berkembang di kemudian hari.

Manajemen kas ini juga meliputi modal pembelian barang, laba harga jual, anggaran promosi yang akan digunakan, dan biaya operasional.

 

9. Evaluasi dan tinjau ulang strategi penjualan

Dalam bisnis online Anda perlu mengevaluasi kinerja toko, promosi, dan produk yang akan dijual secara berkala. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas toko agar menjadi lebih baik kedepannya.

Evaluasi berkala juga dilakukan untuk mengantisipasi hal yang sia-sia. Anda dapat membuat Evaluasi Berkala dalam mingguan atau bulanan.  Itulah beberapa hal penting yang harus di perhatikan bagi seorang Pemula Bisnis Online. Semoga bermanfaat.***