Makanan Tinggi Vitamin B6 Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Maksimal | MPHVenturescorp
Makanan Vitamin B6
Makanan Vitamin B6

Makanan Tinggi Vitamin B6 Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Maksimal

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, banyak sekali keluhan sakit yang dirasakan oleh masyarakat. Mulai dari penyakit bawaan yang menjadi semakin parah, atau penyakit pencernaan yang muncul akibat keterbatasan gerak di luar ruangan saat pandemi. Dimana saat ini banyak dari masyarakat beraktifitas dan bekerja hanya dari rumah saja, tanpa harus keluar rumah.

Tetapi permasalahan kesehatan tersebut sebenarnya bisa di minimalisir dengan senantiasa memperhatikan asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi selama masa pandemi.

 

Ada beberapa jenis bahan makanan yang sangat kaya akan vitamin B6 atau dikenal juga dengan istilah pyridoxine yang disarankan ahli. Vitamin B6 ini memiliki peran yang sangat penting untuk mengatasi beberapa kondisi seperti : menjaga kesehatan otak dan system syaraf, mengelola suasana hati (mood) hingga memecah protein dengan lebih efisien.

Selain itu, vitamin B6 juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh seseorang terutama pada masa pandemi. Ancaman mutasi virus yang berkembang, tentunya harus diatasi dengan mengkonsumsi nutrisi makanan yang cukup untuk melindungi kesehatan tubuh dari dalam.

 

Manfaat Vitamin B6 untuk Kesehatan

Menu Makanan Vitamin B6
Menu Makanan Vitamin B6

 

Bila tidak ada vitamin B6, maka tubuh tidak akan bisa menyerap vitamin B12 yang mengakibatkan tubuh tidak dapat berfungsi dengan normal.

Tanpa disadari, sebenarnya jenis vitamin ini memberikan sejumlah manfaat yang rugi untuk dilewatkan. Di bawah ini berbagai manfaat vitamin B6 untuk kesehatan tubuh, yaitu :

Menambah Energi

Menguatkan Funsi Otak

Mencegah Penyakit Jantung

Mengatasi Depresi

Membantu Mengatasi Sydrom PMS

 

Baca Juga : 10 Superfood Terbaik Untuk Tubuh

 

 

Jenis Makanan Tinggi Vitamin B6

Dikutip melalui Food NDTV,  ada beberapa jenis makanan tinggi vitamin B6 yang disarankan para ahli untuk dikonsumsi guna memperkuat imunitas tubuh.

✅ RECOMMENDED:  BAHAYA ! Gangguan Kesehatan akibat Kurang Minum Air Putih

1. Wortel

Wortel sangat kaya akan vitamin B6. Selain itu wortel sangat mudah dijumpai pada berbagai musim, termasuk musim dingin atau penghujan. Hal ini bisa memudahkan Anda untuk mengkonsumsi wortel setiap hari. Wortel juga cukup mudah untuk dimasak dan ditambahkan ke dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Sebuah wortel dengan ukuran sedang, diketahui memiliki kandungan vitamin B6 yang setara dengan segelas susu. Wortel juga memiliki Vitamin A dan kandungan serat yang tinggi. Dimana hal ini baik untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan dalam tubuh.

2. Susu

Selain mengandung kalsiumnya yang sangat baik untuk tulang, susu juga memiliki vitamin B6 yangbermanfaat bagi kesehatan.  Susu bermanfaat untuk mengatasi depresi hingga memperkuat pertahanan imunitas tubuh pada masa perkembangan virus Omicron yang berbahaya.

Minum susu setiap hari juga sangat direkomendasikan bagi siapapun dan dalam usia berapapun. Selain itu Susu juga bisa dinikmati dengan banyak cara.  Misalnya sebagai campuran sereal atau oats, di blender dengan jus buah, hingga diminum langsung saat segar

3. Pisang

Pisang memiliki kandungan nutrisi yang sangat padat dan baik jika ingin dikonsumsi setiap harinya. Pisang juga masuk dalam kategori Superfood.  Pisang juga seringkali dipilih menjadi camilan sehat dan praktis yang banyak digemari orang.

Pisang dikenal kaya akan kandungan potasiumnya yang tinggi dan dapat memicu produksi energi. Selain itu juga ada kandungan nutrisi lain seperti vitamin B6, beberapa jenis antioksidan hingga serat. Pisang sangat praktis karena bisa dinikmati sebagai camilan, konsumsi pisang cocok untuk membantu menaikan daya tahan tubuh dalam melawan virus dan penyakit.

 

Baca Juga : 9 Pola Makan Untuk Pasien Omicron Agar Cepat Pulih

4. Bayam

Makanan Vitamin B6
Makanan Vitamin B6

Bayam kaya akan zat besi, folat, serta memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi.
Bisa didapatkan dengan mudah dalam berbagai musim, bayam juga menjadi menu makanan alternatif yang cocok untuk melengkapi kebutuhan vitamin B6 harian. Selain membantu produksi energy, konsumsi bayam secara regular juga bisa memberikan imunitas yang lebih kuat untuk melawan virus.

5. Hati Ayam

Banyak digemari baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Ternyata hati ayam bukan hanya sekadar jeroan atau organ dalam dari seekor ayam yang lezat saja. Tetapi Hati ayam diungkapkan oleh ahli memiliki beberapa kandungan penting yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan beberapa khasiat kesehatan tertentu.

Hati ayam mengandung vitamin B6 yang tinggi dan dilengkapi dengan folat serta zat besi. Konsumsi hati ayam secara rutin diyakini mampu mengatasi anemia hingga meningkatkan imunitas dari kandungan vitamin B6 yang dimilikinya.

6. Telur

Sudah menjadi rahasi umum bahwa telur kaya akan manfaat kesehatan. Konsumsi telur secara rutin setiap hari dalam batas tertentu,  diyakini mampu memberikan manfaat kesehatan yang sangat baik. Telur bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kesehatan otak, serta menguatkan imun tubuh.

Cara mengolah Telur pun juga cukup mudah. Misalnya dimasak sebagai telur ceplok, telur dadar, omelette atau bahkan hanya sekadar direbus jika ingin diolah lebih sehat. Anda juga bisa mengkonsumsi telur pada saat sarapan secara rutin untuk memperkuat imunitas tubuh.

7. Kacang Polong

Si kecil kacang polong ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan yang padat melalui kandungan nutrisinya. Seperti diungkapkan oleh ahli, bahwa kacang polong mengandung kadar vitamin B6 yang sangat bagus dan bisa dengan mudah diolah dengan berbagai cara yang disukai.

Anda bisa Menambahkan kacang polong pada mangkuk salad atau pelengkap menu utama pada piring makan. Atau bisa juga di konsumsi setelah di rebus. Kandungan vitamin B6-nya yang cukup tinggi,  diyakini mampu memperkuat imunitas terutama untuk menghalau virus seperti Omicron yang menyerang tubuh.

8. Kentang

Kentang adalah makanan umum yang mudah di dapatkan dimana saja. Ternyata kentang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kentang mengandung vitamin B dan C, mengandung folat, dan tinggi akan energy jika dikonsumsi.

Kentang juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, kesehatan tulang, menurunkan tekanan darah, melancarkan pencernaan dan metabolism serta menguatkan kekebalan imun tubuh.

Kentang bisa di konsumsi dengan di campur sayur, direbus, dikukus atau digoreng.

 

9. Ikan Laut

Ikan Laut Kaya akan Nutrisi
Ikan Laut Kaya akan Nutrisi

Ikan laut adalah merupakan salah satu bahan makanan dengan beragam kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Ikan laut memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Mulai dari protein, asam lemak omega-3, hingga vitamin serta mineral, seperti vitamin B kompleks, vitamin D, zat besi, kalsium, selenium, dan zinc.

Manfaat ikan laut bagi kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung, mendukung perkembangan otak dan mata, menguatkan tulang dan sendi, serta mencegah penyakit tiroid.

Untuk memperoleh manfaat ikan laut secara maksimal tanpa perlu khawatir akan bahaya kandungan merkuri di dalamnya, Anda disarankan membatasi konsumsi berbagai jenis ikan tersebut sebanyak 2–3 porsi seminggu. Atau sekitar 150–300 gram untuk orang dewasa dan 30–110 gram untuk anak-anak.

 

 

Itulah beberapa makanan yang kaya akan manfaat kesehatan dan merupakan sumber Vitamin B. Anda bisa membuat variasi menu dengan kandungan bahan makanan diatas untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Salam sehat. (***)