Cara Jitu Untuk Meningkatkan Strategi Penjualan | MPHVenturescorp
Tips Meningkatkan Penjualan
Tips Meningkatkan Penjualan

Cara Jitu Untuk Meningkatkan Strategi Penjualan

Crypto – Berbicara tentang strategi pemasaran mungkin kedengarannya sangat sederhana. Mengapa? Karena masih banyak sekali orang-orang yang memulai bisnis dengan pengetahuan bahwa promosi dan pemasaran adalah sesederhana memasang iklan di media dan menunggu calon konsumen dating dan membeli.

Padahal sesungguhnya strategi pemasaran saat ini adalah merupakan sesuatu yang lebih kompleks dibandingkan itu. Apalagi pada era digital di mana media yang tersedia bukan hanya sekadar koran, radio atau televisi.

Apabila dengan cara konvensional saja strategi pemasaran sudah terbagi-bagi, apalagi startegi pemasaran pada era digital di mana media yang ada lebih bervariasi.

Tentunya akan lebih banyak dan bervariasi lagi strategi pemasaran yang bisa dilakukan.

Anda harus benar-benar bekerja keras menemukan strategi pemasaran apa yang tepat untuk untuk perusahaan Anda pada era digital seperti sekarang.

 

Meningkatkan Strategi Penjualan
Meningkatkan Strategi Penjualan

Strategi Penjualan di Era Digital

Kunci sukses dalam dunia era digital ini salah satunya adalah dapat  memanfaatkan beragam media sosial dan e-commerce untuk pemasaran digital. Melalui media sosial dan e-commerce ini, Anda bisa menawarkan produk ke berbagai segmen konsumen dengan mudah, cepat dan efisien. Selain itu Anda juga bisa menjangkau dan memperluas cakupan target pasar konsumen.

Tetapi, beragamnya pilihan merek yang ada akan sangat berpengaruh terhadap pilihan pembelian dari konsumen. Hal inilah yang bisa menyebabkan persaingan dalam berjualan akan semakin ketat dan sulit. Bahkan tak bisa di pungkiri untuk jenis barang yang sama akan terjadi perang harga (penjual saling berlomba memberikan harga termurah).

✅ RECOMMENDED:  Lengkap! Cara Daftar Bansos PKH Ibu Hamil dan Balita lewat Aplikasi

Baca juga : Lini Bisnis Ini Bisa Transisi Menjadi Bisnis Online

 

Tips Penjualan dengan Strategi Digital

Online marketing adalah suatu strategi pemasaran yang memanfaat jaringan internet.

Kegiatan pemasaran dan promosi untuk mendapatkan perhatian konsumen, dilakukan dengan memanfaatkan beragam media sosial, website, email, bahkan augmented reality.

Hal ini dapat dilakukan dengan beragam cara, mulai dari iklan berbayar, konten berkualitas atau sekadar posting-an sederhana melalui beragam media online.

Satu posting-an yang diunggah di internet, bisa saja menjangkau dan diakses oleh ratusan juta orang di seluruh penjuru Indonesia atau bahkan dunia.

 

Kelebihan menggunakan online marketing ini adalah bisnis Anda bisa dijalankan dari manapun dan kapanpun. Dan bahkan akan tetap mampu mendapatkan perhatian calon konsumen Anda secara global.

Ada beberapa tips bagi pelaku usaha agar dapat meningkatkan penjualan dan membangun strategi digital yang tepat, menurut Head of Services Zilingo Tut Wuri Handayani

 

Baca juga : Tips Menghemat Keuangan

 

Berikut tips Staregi Pemasaran Digital agar performa penjualan bisa meningkat:

 

1. Kesan Pertama itu Penting

Dibutuhkan waktu kurang dari 50 milidetik bagi pelanggan untuk memutuskan apakah mereka menyukai halaman web based business Anda atau tidak. Komunikasi yang menarik adalah sangat penting, karena perbandingannya adalah sekitar 80% pelanggan akan mengingat promosi Anda, Dan sebaliknya sekitar 20% diantaranya tidak akan mengingat atau bahkan lupa dengan apa yang pernah mereka baca atau lihat.

✅ RECOMMENDED:  8 Usaha Sampingan Online untuk Karyawan

Foto produk yang berkualitas tinggi, konten yang relevan, dan desain situs web yang bagus, dan juga easy to understand menjadi perpaduan elemen yang sempurna untuk membangun sebuah toko online yang menarik di tahun 2022.

 

2. Diperlukan adanya Target audiens yang tepat

Jika kamu ingin memberikan pengalaman belanja secara personal dan dengan pelayanan yang baik, maka berikanlah rekomendasi produk yang tepat.

Faktanya, 53% pembeli suka melihat-lihat rekomendasi produk di situs web yang biasanya samaa dengan riwayat penelusuran mereka. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk memasukkan list produk yang juga disesuaikan dengan target promosi.

 

3. Membangun Image yang tepat untuk produk Anda

Sebuah bisnis adalah bukan hanya tentang produk dan layanan. Tetapi Anda  harus memiliki nilai tambah untuk menceritakan nilai yang dibawa oleh sebuah brand atau produk Anda. Hal ini berguna untuk membangun hubungan yang kuat dengan konsumen, yang tentunya sesuai dengan target pasar Anda.

Pastikan konten postingan yang Anda bagikan konsisten dengan pesan dan nilai yang dimiliki brand atau produk Anda.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat konten dan postingan yang relevan, seperti : poto produk dengan tagline, promo flyer produk dengan pesan untuk konsumen, beragam artikel blog yang sesuai dengan produk Anda. Atu bisa juga menggunakan video yang melibatkan audiens atau konsumen Anda secara langsung, misalnya dengan memberikan video testimony. Hal ini bisa memberikan dampak yang lebih besar untuk perkembangan brand dan penjualan Anda.

✅ RECOMMENDED:  Rekor OpenSea, 1 Juta Transaksi NFT

 

4. Manfaatkan pemasaran kreatif dan influencer

Setiap brand atau produk pasti memiliki keunikan tersendiri, begitu juga dengan strategi pemasaran yang akan digunakan. Sebisa mungkin Anda menganalisa dan mengamati perkembangan media serta platform terbaru yang dapat Anda gunakan untuk membangun strategi konten yang kuat dan kreatif.

Anda juga dapat meningkatkan performa strategi pemasaran Anda dengan berkerja sama di jaringan influencer yang relevan dengan brand yang Anda bangun

 

5. Berbisnis dengan tujuan masa depan

Jama sekarang, Brand modern tidak hanya memenuhi kebutuhan para konsumennya, tetapi sebaiknya juga bisa memberikan pengaruh dan dampak positif di lingkungan atau masyarakat sekitar. Hasil studi menunjukkan ada sekitar 87% konsumen yang bersedia membeli produk dari brand yang bisa memberikan dampak positif pada masyarakat.

Anda juga bisa memperkuat bisnis Anda dengan mendukung suatu tujuan social dan masyarakat. Seperti memasarkan produk yang ramah lingkungan, tidak mengandung pengawet, mendukung kesadaran hidup sehat, dan masih banyak lagi. (***)

 

Baca juga : Aplikasi Reksadana Terbaik

Tinggalkan Balasan