Tips Merawat Laptop Agar Panjang Umur | MPHVenturescorp
Cara Merawat Laptop
Cara Merawat Laptop

Tips Merawat Laptop Agar Panjang Umur

Banyak orang yang bekerja dan membiarkan laptop mereka dalam mode tidur (sleep mode) selama berbulan-bulan. Padahal, ini bukanlah cara yang tepat untuk merawat laptop Anda.

 

Selain mematikannya secara rutin, ada beberapa tips merawat laptop lainnya yang bisa Anda terapkan sehari-hari agar Laptop Anda bisa berumur panjang dan tidak cepat rusak.

Cara Merawat Laptop
Cara Merawat Laptop

 

Apa sajakah tips-tips tersebut? Berikut informasinya hanya untuk Anda.

 

1. Bersihkan keyboard dan portnya

Laptop memiliki celah di lubang antara keyboard dan port. Nah, celah-celah tersebut cenderung dipenuhi debu dan kotoran lainnya.Oleh karena itu, bersihkan lubang ini secara rutin. Anda dapat menggunakan penyedot debu kecil yang mengambil daya dari USB.Jika keyboard rusak, maka akan sulit untuk diperbaiki. Dan mengutip Black Dog Media pun harganya tidak murah.

 

2. Bersihkan layar secara teratur

Jangan lupa untuk menyeka layar komputer portabel Anda secara teratur. Jangan menunggu noda membandel yang sulit dibersihkan.Seperti yang ditulis PCWorld, Anda dapat menggunakan kain mikrofiber. Ini adalah kain yang biasanya digunakan untuk menyeka kacamata.Dengan cara ini, Anda dapat merawat layar laptop Anda. Monitor Anda bersih dan Anda juga dapat menghindari goresan.

✅ RECOMMENDED:  Tarik hingga $10 per hari dari aplikasi penghasil Paypal resmi PlayStore dengan misi sederhana

 

 

3. Pilihlah Tas yang sesuai

Pilihlah Tas yang Tepat
Pilihlah Tas yang Tepat

 

Selain layar, bagian lain dari laptop ada kemungkinan untuk tergores jika Anda hanya memasukkan laptop begitu saja ke dalam tas.Oleh karena itu, diperlukan tas khusus untuknya. Dengan menggunakan tas yang tepat, maka laptop Anda akan semulus saat Anda baru saja membelinya.

 

4. Jauhkan dari makanan dan minuman

Sebenarnya sangat tidak dianjurkan bekerja sambil makan dan minum. Karena bisa saja cipratan air minum dan remah-remah makanan dapat mencemari laptop Anda.Jika sedikit, tentu saja Anda bisa membersihkannya. Tetapi jika terkena tumpahan banyak, maka hati-hatilah karena laptop Anda bisa rusak karenanya. Selain itu, Gadget tentu penuh dengan bakteri. Jika Anda menyentuh makanan dan laptop yang secara bergantian maka ada memungkinkan bakteri ini masuk ke dalam tubuh dan membuat Anda menjadi sakit.

✅ RECOMMENDED:  Asuransi Sepeda Motor, Manfaat dan Penjelasannya (MPH)

 

5. Perawatan Baterai

Baterai juga merupakan komponen laptop yang penting tetapi mudah rusak. Padahal, baterai adalah satu-satunya sumber energi yang sangat penting.Kalau sampai rusak, maka mau tidak mau Anda harus menggunakan laptop dengan sambungan listrik. Hal ini tentu saja dapat menurunkan produktivitas kerja.Oleh karena itu, sebaiknya jangan gunakan laptop Anda sampai baterai habis. Tetaplah terhubung ke sumber listrik sebelum kapasitas baterai mencapai 20%.

 

6. Perhatikan Lubang Ventilasi Laptop

Ventilasi pada Laptop
Ventilasi pada Laptop

 

Metode perawatan laptop selanjutnya adalah terkait suhu. Hal ini Nampak sepele tetapi sebenarnya sangat krusial.Lihat, gadget Anda pasti memiliki bagian exhasut. Biasanya bagian ini adalah bagian terpanas dari permukaan Laptop.Area itu tentu menjadi lubang dengan suhu tinggi yang keluar dari mesin laptop. Maka agar dia tetap sehat, jangan tutupi atau terhalang lubang exhaust ini benda apapun. Hal ini biasanya terjadi secara tidak sengaja saat menggunakan laptop dengan permukaan yang lembut. Jadi Anda harus tetap perhatikan dan hindari, ya!

✅ RECOMMENDED:  Dapatkan THR 100Rb Dari Aplikasi Penghasil Uang Terbaru April 2022

 

7. Apakah sebaiknya mematikan Laptop atau tetap dengan mode tidur (sleep mode)?

Setelah menggunakan Laptop sehari penuh, sebaiknya Anda perlu mematikan laptop di malam hari. Itu ditulis dan direkomendasikan oleh Panda Security. Langkah ini akan memberi laptop ruang untuk beristirahat. Tetapi, jika Anda hanya memiliki waktu istirahat 1-2 saja maka sebaiknya setting dalam mode sleep saja tidak apa-apa.

 

8. Tutup Layar Laptop

Terakhir, jangan lupa untuk menutup layar laptop saat tidak digunakan. Prosedur perawatan ini akan mencegah debu dan kotoran lainnya masuk dan menempel pada laptop Anda.Juga, itu tidak akan terdorong dan jatuh atau rusak secara tidak sengaja.