8 Usaha Sampingan Online untuk Karyawan | MPHVenturescorp
Bisnis Online tanpa Modal
Bisnis Online tanpa Modal

8 Usaha Sampingan Online untuk Karyawan

Anda masih bekerja tetapi butuh ide untuk bekerja online?

Tim MPH telah mengumpulkan delapan ide bisnis sampingan online yang bisa Anda mulai segera.

 

Pesatnya perkembangan Internet telah mengubah cara kita berbisnis di era ini. Bisnis jaman dulu membutuhkan outlet dan toko untuk memulai bisnis, tetapi sekarang sudah tidak membutuhkannya lagi.

Berbisnis online menjadi semakin populer di semua kalangan, termasuk kaum milenial. Banyak milenial yang sudah sukses menjalankan bisnis online.

 

Ada semakin banyak pilihan untuk bekerja online, tidak hanya satu atau dua, tetapi banyak sekali karena teknologi yang berkembang pesat.  Bisnis online pun tidak memerlukan modal sebanyak bisnis biasa. Bahkan ada beberapa pekerjaan yang sudah ready to go.

Apakah Anda berpikir untuk mencari pekerjaan sampingan secara online?  Jika demikian, berikut delapan ide kerja online yang bisa Anda mulai segera. Pekerjaan online ini sangat ideal untuk generasi milenial yang akrab dengan penggunaan Internet.

 

Bisnis Online Untuk Karyawan
Bisnis Online Untuk Karyawan

 

1. Reseller

Menjadi reseller berarti menjual kembali produk yang dibeli. Menjadi reseller sangat menguntungkan, apalagi saat menjual kembali produk dari brand ternama. Jika kamu menjual kembali produk-produk yang kemungkinan besar akan cepat laku terjual dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Hindari menjual kembali produk yang hanya populer karena mengikuti tren. Itu karena tren terbaru umumnya tidak akan bertahan lama kecuali Anda menjual produk yang sedang tren dan berencana untuk beralih ke produk baru saat tren berakhir.Menjadi reseller berarti Anda membutuhkan modal untuk pengadaan suatu produk. Tetapi ada juga yang tidak membutuhkan modal yang disebut sebagai Dripshiper.

 

2. Dropshiper

Tidak seperti reseller, dropship tidak memerlukan modal untuk membesarkan bisnis. Sistem penjualannya sama. Artinya, menjual kembali produk yang diproduksi oleh perusahaan lain. Anda tidak perlu modal untuk menjadi drop shipper, atau tidak stok barang Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu memperhatikan barang yang habis. Jangan biarkan Anda menjual barang yang sudah habis stok nya di produsen atau supplier.

✅ RECOMMENDED:  Aplikasi Game Penghasil Cuan Yang Wajib Kamu Ketahui !!!

Hal inilah yang biasanya menjadi kendala untuk menjadi seorang dropshipper. Jika seorang reseller bebas menjual produk yang ingin dijualnya  karena mempunya stok baranng walopun hanya sedikit, tetapi berbeda dengan Dropshiper yang selalu mengandalkan stok dari produsen produk. Ada banyak vendor dan merek yang memberikan kesempatan kepada dropshippers. Anda hanya perlu menjual produk mereka ke pasar dengan mengatur margin harga Anda sendiri.

Pada umumnya dropshippers juga bisa menggunakan personal brand name sebagai pengirim barang saat produk sampai di tangan pembeli. Selain tidak membutuhkan modal untuk pengadaan barang, Anda juga bisa mempromosikan brand Anda sendiri. Sangat menarik bukan?

 

3. Jualan online di marketplace atau media sosial

Berpikir tentang bekerja secara online tidak dapat dipisahkan dari toko online. Memiliki toko online di marketplace atau media sosial tentunya menjadi salah satu pekerjaan online yang sangat menguntungkan. Membuat toko online sendiri berarti Anda bebas menjual dan mengelola penjualan produk Anda.

Cara termudah adalah dengan membuka toko di marketplace atau media sosial. Pilihan marketplace yang cocok untuk membuka toko online adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Lazada. Kemudian, untuk media sosial, Anda dapat membuat akun Instagram, Twitter, dan Facebook untuk menjual produk Anda dan mempromosikan toko online Anda.

Ada cara lain untuk membuka toko online di internet. Artinya, buat situs web toko Anda sendiri. Ada banyak perangkat lunak dan layanan yang dapat membantu Anda membuat situs web toko online seperti WordPress, WooCommerce, Shopify, dan menggunakan layanan seperti Sirclo. Namun, untuk membuat situs web yang unik, Anda perlu menarik audiens ke situs web Anda. Tidak seperti marketplace dan media sosial yang sudah memiliki audiens sendiri. Tak perlu dikatakan, mengelola situs web juga tidak mudah.

✅ RECOMMENDED:  Hindari Bangkrut, Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Aset Kripto

 

4. Affiliate Marketing

Afiliate Marketing bekerja dengan mempromosikan produk atau layanan dan mendapatkan komisi setiap kali Anda menjualnya. Affiliate Marketing biasanya memasarkan produk digital dan membuat situs web khusus untuk meninjau dan mempromosikan produknya, dengan menargetkan pengunjung yang lebih spesifik, dan semakin meningkatkan peluang mereka untuk membeli produk tersebut.

Affiliate Marketing telah lama menjadi pilihan pekerjaan yang menguntungkan yang dapat dilakukan secara online dan telah terbukti sangat efektif dalam membantu bisnis menjual produk mereka.

 

5. Monetisasi Blog

Blog merupakan salah satu media yang paling berpengaruh dalam bisnis online. Selain mendidik pembaca, blog ini hadir untuk menarik lebih banyak pengunjung web dengan menyajikan beragam berita dan informasi seputar produk yang Anda jual.

Tetapi ada juga web yang memang menyajikan beragam berita terkini untuk para pembacanya. Yang perlu Anda pahami adalah bahwa memulai sebuah blog itu mudah, tetapi mengembangkan dan mengelolanya yang sulit. Sekarang, di sini Anda dapat memonetisasi blog Anda dengan mengembangkan dan memperoleh pembaca setia. Hal ini menyebabkan perusahaan pemilik blog mengandalkan keahlian yang Anda miliki untuk mengelola blog Anda.

 

6. Produk digital Freelancer

Bisnis Online tanpa Modal
Bisnis Online tanpa Modal

 

Di era digital ini, penjualan produk digital menjadi semakin populer. Mulai dari ebook, tulisan, video, foto, desain, software, dan produk digital lainnya yang bisa Anda jual di Internet. Produk-produk ini dapat dijual melalui platform mereka sendiri.

✅ RECOMMENDED:  Nilai Kripto Ini Naik Pesat Mendekati Top 10 tahun 2022

Cara termudah lain untuk menjual produk ini adalah dengan menggunakan Platform Freelancer. Di sini Anda dapat menjual produk digital Anda sebagai freelancer. Modal untuk memulai pekerjaan online ini tidak besar. Keahlian Anda adalah yang paling Anda butuhkan di sini.

Selain fleksibel dalam mengatur waktu, menjadi freelancer juga berarti penghasilan Anda bergantung pada besar kecilnya proyek yang ditawarkan klien Anda. Pekerjaan online ini bisa menguntungkan karena bisnis dan agensi selalu membutuhkan jasa freelancer. Berbagai jenis pekerjaan lepas tersedia, termasuk penulis, desainer grafis, dan videografer.

 

6. Bisnis konsultasi

Undang teman dengan keterampilan yang sama untuk membentuk agen konsultasi dan menjual layanan di Internet. Keahlian ini terletak di berbagai bidang seperti konsultan pemrograman, keuangan, situs web, dan desain.

Anda dapat mempromosikan pekerjaan Anda secara online dan menjangkau pelanggan potensial.

 

7. Agen pemasaran digital

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, perkembangan internet di era digital ini telah mengubah pola pemasaran. Hal ini terutama dilakukan dalam format internet atau digital. Ini menciptakan pekerjaan online potensial lainnya: agensi pemasaran digital. Agen Pemasar digital biasanya memproses atau mengelola saluran potensial untuk mempromosikan bisnis mereka melalui konten digital yang meningkatkan kesadaran dan konversi pembelian.

Digital marketer juga menganalisis data dan membidik audiensnya agar dibutuhkan untuk pengembangan bisnis, terutama saluran pemasaran.Ingatlah bahwa Anda perlu memahami metrik analitik seperti Google Analytics, SEO, Google AdWords, dan alat pemasaran digital lainnya untuk menjalankan pekerjaan online ini.

 

itulah 8 pekerjaan online yang bisa kamu coba. Sekarang, jika Anda dapat bekerja secara online dan memperoleh penghasilan, jangan lupa untuk menabung sebagian dari penghasilan Anda untuk mulai berinvestasi untuk masa depan. Selamat mencoba.***