Waspada! Kenali Tanda-tanda Anda Terinfeksi Virus Omicron | MPHVenturescorp
Gejala Covid Omicron
Gejala Covid Omicron

Waspada! Kenali Tanda-tanda Anda Terinfeksi Virus Omicron

Gejala Covid Omicron
Gejala Covid Omicron

Per Desember 2021 Kasus Omicron yang terjadi semakin bertambah banyak di negara dunia termasuk Indonesia. Ada beberapa gejala-gejala  yang timbul, dan diyakini mengarah pada varian baru Covid-19 tersebut.

Menurut Dokter Angelique Coetzee, Kepala Asosiasi Medis Afrika Selatan (Afsel) bahwa gejala varian Omicron ini berbeda dengan varian Delta. Tetapi memang ada beberapa gejala yang mirip dengan varian sebelumnya seperti pilek, flu dan batuk

 

Varian B.1.1.529 atau dikenal dengan Varian Omicron ini di identifikasi pertama kali di Botswana, Afrika Selatan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), varian ini memiliki jumlah mutasi yang lebih banyak dibandingkan varian lainnya, termasuk Delta.

Disebutkan bahwa Varian Omicron ini sendiri mempunyai sekitar 50 mutasi lebih.
Dari 50 lebih mutasi pada varian Omicron ini, ditemukan ada 32 mutasi yang berada pada spike protein atau bisa disebut sebagai domain pengikat. Diyakini bahwa kemungkinan besar, mutasi ini akan mengubah cara virus tersebut berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh sampai pada cara virus tersebut memasuki sel-sel dalam tubuh manusia.

✅ RECOMMENDED:  BAHAYA ! Gangguan Kesehatan akibat Kurang Minum Air Putih

Prof Francois Balloux dari UCL menjelaskan bahwa di antara mutasi Omicron yang ada, mutasi P681H dan N679K adalah kombinasi yang sangat langka. Varian yang disebutkan ini juga memiliki jenis mutasi K417N DAN E484A yang terdapat pada varian Beta, yang disebutkan  dapat melemahkan efikasi (kemampuan) vaksin Corona.

“Saat ini bisa dipastikan bahwa varian itu tidak dapat dikenali dan dinetralkan oleh antibodi yang sudah terbentuk lebih dulu saat memerangi Covid-19 varian Alpha dan Beta sebelumnya. Sangat sulit diperkirakan seberapa berbahaya dan menularnya varian ini,” jelas Prof Farcois Balloux pada The Sun.

✅ RECOMMENDED:  Game Edukasi Terbaik Untuk Belajar, Penting Untuk Anak-anak di Android

Tetapi memang sejauh ini belum ada penelitian yang bisa memberi jawaban pastinya.

 

Gejala Umum Covid-19 Omicron

Berikut gejala-gejala umum yang sejauh ini di identifikasikan sebagai gejala awal Virus Omicron berdasarkan pengamatan pada Kasus-kasus yang terjadi di Afrika Selatan

  • Gejala seperti Flu (Flu like syndrome)
  • Batuk Kering
  • Demam
  • Banyak berkeringat di malam hari
  • Merasakan nyeri pada banyak bagian tubuh
  • Merasa kelelahan
  • Tenggorokan terasa gatal
  • Tidak ada Batuk
  • Tidak kehilangan indra perasa dan penciuman
  • Napas terasa pendek-pendek
  • Mual
  • Ada beberapa kasus yang disertai Diare

Diyakini bahwa ciri-ciri gejala COVID-19 Omicron cukup berbeda dengan gejala varian Delta. Varian Delta sendiri biasanya menyebabkan gejala seperti sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek dan demam.

✅ RECOMMENDED:  Gejala Omicron pada orang dewasa seperti flu biasa?

Bagaimana cara pencegahan varian Omicron?

Agar Anda dan keluarga bisa melindungi diri dan terhindar dari penyebaran varian Covid-19 Omicron, berikut beberapa langkah-langkah efektif yang dapat dilakukan sebagai pencegahan penularan:

1. Menjaga jarak fisik minimal 1 meter dari orang sekitar anda (Social Distancing)
2. Memakai masker yang pas dan sesuai dengan standard protocol kesehatan
3. Membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi udara
4. Hindari ruang tertutup, penuh sesak, atau yang berventilasi buruk
5. Menjaga tangan tetap bersih dengan rajin mencuci tangan atau mengenakan hand sanitizer
6. Mendaftarkan diri untuk di vaksin segera

Demikian informasi dari kami. Tetap jaga dan patuhi seluruh protocol kesehatan yang berlaku agar kita semua tetap sehat. (*)

Tinggalkan Balasan